Home » » CATATAN PERJALANAN OMAH TINGWE

CATATAN PERJALANAN OMAH TINGWE

Written By Unknown on Senin, 13 November 2017 | 09.03

.OMAH TINGWE-Kedai Tembakau Kretek
Ini bukan soal eyel-eyelan, bukan lagi bicara tentang pro dan kontra perihal rokok, melainkan tentang Omah Tingwe-Kedai Tembakau Kretek, yang menjual tembakau bahan dasar rokok, tentang perannya sebagai solusi untuk menghemat biaya merokok.
Tembakau kretek sebagai bahan dasar tentunya harganya jauh lebih murah ketimbang rokok kretek kemasan made in pabrik. Kian hari harga rokok kemasan kian mahal sehingga menjadi beban bagi para penggemar rokok. Jangan suruh para penggebis (penggemar rokok) itu untuk berhenti merokok. Tak bakal digubris. Yang mereka perlukan adalah solusi, bagaimana mensiasati agar ongkos merokok itu bisa ditekan serendah-rendahnya sehingga tidak membebani anggaran belanja keluarga.
Nah, Omah Tingwe hadir dan membantu menjawab kebutuhan berhemat itu dengan menyediakan/menjual tembakau kretek beserta perlengkapan melintingnya, seperti papir, filter serta alat linting. Tingwe artinya melinting dewe, membuat rokok sendiri. Dengan melinting rokok sendiri biaya rokok bisa ditekan hingga lebih dari 70% dibanding kalau kita beli rokok jadi dalam kemasan, dari Rp 20.000 menjadi hanya Rp 5.000 sebungkus, misalnya.
Omah Tingwe sudah hadir beberapa waktu lalu. Dalam perjalanannya kita mencatat ada beberapa jenis pelanggan yakni:
- Perorangan, beli tembakau dan dilinting serta dikonsumsi sendiri.
- Sekelompok orang, teman satu kost, untuk dikonsumsi bersama-sama.
- Komunitas, untuk dikonsumsi dan disebarkan dikalangan anggota komunitas.
Soal melinting, ada yang benar2 dilinting sendiri, adapula yang mengupah orang untuk membantu melinting. Dari 1 komunitas saja jumlah pembelian tembakau bisa mencapai 30 bal (@800 gram) setiap bulan. Harga tembakau 1 bal Rp 150 ribu, papir Rp 50 ribu dan filter Rp 50 ribu. Total Rp 250 ribu bisa dilinting menjadi kurang lebih 1000 batang rokok. Jadi harga pokok per batang rokok tingwe adalah Rp 250. Kalau mengupah orang untuk melinting, ongkosnya Rp 150 per batang.
Dari catatan tsb terlihat potensi rokok tingwe cukup besar, baik dari segi pengembangan usaha maupun penghematannya, terutama melalui kelompok ataupun komunitas, para pekerja pabrik, para mahasiswa, para pengemudi gojek dsb. (Bisa diurusi oleh para kordinatornya).
Rokok tingwe, hematnya makjleb, rasanya manteb. Silahkan kontak Omah Tingwe, ada solusi hemat biaya rokok di sana. Melayani order/pengiriman dalam dan luar kota.
O iya, tembakau kretek yang tersedia hanya 1jenis yaitu tembakau MASTON (Mas Anton). Ini tembakau legal, berpita cukai.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar