Home » » Indonesia…, Smoking Area

Indonesia…, Smoking Area

Written By Omah Tingwe on Minggu, 17 Desember 2017 | 11.15

Indonesia…, Smoking Area. Ya, itulah julukan yang kayaknya pas buat negeri ini, di saat ini. Julukan itu terlintas begitu saja di benak

Sebagai smoking area, maka pantaslah kalau segala bentuk larangan dan himbauan untuk “no smoking” kemudian tidak digubris.

Masyarakat bukannya tidak mengerti bahwa rokok dan merokok itu tidak sehat, masyarakat sangat tahu akan hal itu. Tapi boleh jadi mereka berpikir, apa salahnya menikmati rokok, menikmati kesenangan kecil, ditengah kehidupan yang  getir ini. Ya, sekarang kehidupan memang masih serba sulit dan getir. Ini tak bisa disangkal.

Oleh karena itu prioritas menyehatkan bangsa bukanlah pada mengenyahkan rokok yang “pait ning karem” itu, melainkan harus kepada upaya bagaimana mengenyahkan kegetirannya; kegetiran yang masih saja menyelimuti kehidupan masyarakat dan yang yang sungguh menyesakkan dada.

Ketidak adilan, kesewenang wenangan, pemerasan, penindasan, sikap feodal, korupsi dsb., adalah kegetiran yang mematikan. Itu semua jauh lebih beracun, berbahaya dan “nggilani” daripada sekedar rokok.


Gitu deh...
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar