Home » » Yuk, nglinting dewe...

Yuk, nglinting dewe...

Written By Omah Tingwe on Selasa, 19 Desember 2017 | 14.36

Jaman now, tarif cukai hasil tembakau dikenakan berdasarkan per batang rokok ataupun per gram tembakau.

Per batang sigaret kretek/sigaret putih buatan mesin (SKM/SPM) kena cukai antara  Rp 300/btg hingga Rp 480/btg.

Per batang sigaret kretek/sigaret putih buatan tangan pakai filter (SKTF/SPTF) kena cukai antara Rp 300/btg hingga Rp 480/btg.

Jadi kalau kita beli rokok kretek filter ataupun rokok putih filter dalam kemasan buatan mesin ataupun tangan seharga Rp 1.000 per batang, didalamnya terkandung cukai sebesar hampir 50% nya atau Rp 480.

Cukup memberatkan bukan?

Keadaan seperti diatas akan berbeda, akan bisa menjadi lebih ringan apabila kita mau membuat rokok itu sendiri alias mau melintingnya sendiri. Kita beli tembakaunya, kertas papirnya, filternya serta alat lintingnya, dan lalu..., melinting dewe. Kenapa bisa sangat murah? Itu karena tarip cukai untuk tembakau jauh lebih murah ketimbang cukai rokok.

Tarif cukai untuk tembakau hanya sekitar Rp 6 hingga Rp 28 per gram atau sekitar 10% dari harga tembakau per gram.

Oleh karena itu, Yuk mari kita bikin rokok sendiri (nglinting dewe). Asyik juga lho..., dan irit. Tapi dimana dong kita nyari tembakau dan peralatan lintingnya? Jangan khawatir, di Pasar Rebo Jakarta ada OMAH TINGWE – Kedai Tembakau yang menyediakan segala keperluan untuk urusan itu. Ada: Tembakau kretek, Tembakau asli (non kretek), Papir, Filter, dan Alat linting ukuran mini. Tembakau yang dijual di OMAH TINGWE adalah tembakau pilihan dan sudah teruji cocok dengan saya punya selera.


Semoga cocok juga dengan selera Anda.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar