Home » , , , , » ROKOK TINGWE KAWUNG DAN KLOBOT

ROKOK TINGWE KAWUNG DAN KLOBOT

Written By Unknown on Selasa, 12 Desember 2017 | 13.57

Rokok Tingwe Kawung dan Klobot sudah dikenal sejak berabad silam, sejak abad ke 6,  oleh suku Indian Maya. Ini diketahui dari gambar yang menghias bejana tanah liat yang ditemukan di Guatemala. Di permukaannya ada gambar orang Indian Maya sedang merokok lintingan daun tembakau. Lalu dijaman Columbus, akhir abad 14, ada catatan yang menceritakan bahwa penduduk asli Amerika itu melakukan kegiatan melinting daun tembakau kering dengan daun enau atau jagung, dengan daun kawung ataupun klobot. Kemudian kegiatan merokok tingwe kawung dan klobot itu ditiru oleh anak buah Columbus dan kebiasaan merokok tingwe itu berlanjut saat dia pulang ke Spanyol. Bisa jadi Rodrigo de Jeres dan Louis de Torres si anak buah Columbus itu adalah perokok pertama yang bukan penduduk asli Amerika...

Di Indonesia, generasi jaman now tak lagi mengenal daun kawung dan klobot sebagai pembalut rokok. Setahu mereka rokok itu ya dilinting pakai kertas papir. Atau kalaupun tahu, mereka mengenalnya rokok kawung dan klobot itu sebagai rokoknya para kakek, para aki2 jaman dulu.


Nah, sekarang kita bisa mencoba seperti apa sih rasanya merokok tingwe berbalut kawung dan klobot, pura2 nya kita kembali ke masa lalu ke masa awal sejarah rokok. Untuk itu kita bisa memakai tembakau asli. Namun kita bisa juga mengkombinasikan daun kawung dan klobot itu dengan menggunakan tembakau kretek serta pakai filter. Jadilah kita sekarang memiliki rokok Tingwe Kretek Filter Kawung dan Tingwe Filter Kretek Klobot, gabungan antara cara jadul dengan selera kretek masa kini. 

Asyik lho.... Pengin nyoba, silahkan ke Omah Tingwe, Kedai Tembakau.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar