Home » , , , » OMAH TINGWE: MENGENALKAN CARA “MODEREN” MENIKMATI ROKOK KRETEK FILTER

OMAH TINGWE: MENGENALKAN CARA “MODEREN” MENIKMATI ROKOK KRETEK FILTER

Written By Unknown on Selasa, 03 April 2018 | 04.11

Ada sejibun penggemar rokok kretek filter di seluruh pelosok tanah air. Mereka mendapatkannya dengan sangat mudah di warung rokok ataupun di super market. Rokok kretek filter itu dibuat oleh perusahaan2 besar dengan merek yang beraneka dan beberapa diantaranya sudah sangat terkenal. Kemasannya sungguh menarik dan modelnya ada yang sangat ramping, sedang dan ada juga  yang gendut. Warna rokoknya kebanyakan putih serupa kertas, karena memang itu adalah kertas yang digunakan sebagai “pembalut” tembakau. Kalaupun ada yang berwarna hitam, itu adalah juga kertas yang diwarnai hitam.

Begitulah selama berpuluh tahun perokok kretek filter menikmati rokok kegemarannya dengan cara beli rokok di warung, entah langsung beli sebungkus entah ngeteng batangan. Itulah yang lalu saya sebut sebagai  cara yang sudah umum, cara “tradisional” merokok kretek filter..., beli rokok yang sudah jadi bikinan pabrik.
Padahal, jaman sekarang ada lho cara baru, cara “moderen” untuk kita bisa menikmati rokok kretek berfilter, yaitu dengan cara Rolling Your Own Cigarettes, atau biasa disebut Rollies, Roll-Up, dan dalam bahasa Jawa disebut nglinting dewe (tingwe) alias melinting rokok sendiri.

Seperti apa penampakan rokok kretek filter yang kita bikin sendiri, rokok yang kita linting dewe itu, bisa kita lihat di gambar potretnya. Dalam potret tsb nampak ada alat linting kecil (warna biru). Ada juga filter rokok (warna putih), serta papir pembalut berwarna coklat. Papir itu berwarna coklat tembakau karena memang dibuat dari daun tembakau asli. Terlihat juga beberapa batang rokok hasil lintingan, panjangnya kira2 sejari atau se korek api. Modelnya bisa kita bikin sesuai selera, slim, sedang atau gemuk. Semuanya menggunakan filter, serupa rokok kemasan pabrik. Tembakau yang digunakan adalah tembakau kretek yang bermerek dan juga legal atau berpita cukai. Sungguh tampilannya rapi jali karena papir daun tembakau punya sifat lebih lentur dibanding kertas papir biasa. Dan inilah keunggulan rokok tingwe kretek filter berbalut papir daun tembakau dibandingkan rokok kemasan jadi. Hingga saat ini belum ada pabrik rokok yang memproduksi rokok kretek dengan papir daun seperti ini. Kalaupun ada, tembakau yang dipakai bukanlah tembakau kretek melainkan tembakau shag, tembakau asli tanpa cengkeh. Rokok tingwe kretek filter itu kemudian bisa kita tempatkan dalam kemasan kaleng. Jelas kemasan kaleng ini anti kusut, anti lecek, tidak seperti rokok kemasan karton.

Meskipun hal ini mungkin bukan menjadi tujuan, tapi mau tak mau rokok nglinting dewe ini memberi efek kepada penghematan, karena absennya biaya cukai rokok. (Yang ada adalah cukai tembakau).  Yang terang dengan merokok tingwe kita jadi terkesan  keren dan “moderen”, bukan lagi sebagai perokok tradisional, bukan perokok biasa.

Hal seperti itulah yang ingin dihadirkan oleh Omah Tingwe, yaitu mengenalkan kepada khalayak perokok kretek filter cara moderen merokok kretek filter, yaitu dengan TINGWE (melinting dewe).

Share this article :

1 komentar:

  1. Bang coba masukin di shoopee bangg, ane pelinting dewe juga. Gadapet2 papir yg keren kyk yg digambar bang. Coba buka toko di shoopee bang. Makasih tolong bales

    BalasHapus